SMK SWASTA VIDYA SASANA KARIMUN TER-AKREDITASI A -ALAMAT:JL.RAJA OESMAN NO.5 TG.BALAI KARIMUN-PROVINSI KEPULAUAN RIAU-INDONESIASMK SWASTA VIDYA SASANA KARIMUN TER-AKREDITASI A -ALAMAT:JL.RAJA OESMAN NO.5 TG.BALAI KARIMUN-PROVINSI KEPULAUAN RIAU-INDONESIASMK SWASTA VIDYA SASANA KARIMUN TER-AKREDITASI A -ALAMAT:JL.RAJA OESMAN NO.5 TG.BALAI KARIMUN-PROVINSI KEPULAUAN RIAU-INDONESIASMK SWASTA VIDYA SASANA KARIMUN TER-AKREDITASI A -ALAMAT:JL.RAJA OESMAN NO.5 TG.BALAI KARIMUN-PROVINSI KEPULAUAN RIAU-INDONESIASMK SWASTA VIDYA SASANA KARIMUN TER-AKREDITASI A -ALAMAT:JL.RAJA OESMAN NO.5 TG.BALAI KARIMUN-PROVINSI KEPULAUAN RIAU-INDONESIA
SMK SWASTA VIDYA SASANA KARIMUN TER-AKREDITASI A -ALAMAT:JL.RAJA OESMAN NO.5 TG.BALAI KARIMUN-PROVINSI KEPULAUAN RIAU-INDONESIASMK SWASTA VIDYA SASANA KARIMUN TER-AKREDITASI A -ALAMAT:JL.RAJA OESMAN NO.5 TG.BALAI KARIMUN-PROVINSI KEPULAUAN RIAU-INDONESIASMK SWASTA VIDYA SASANA KARIMUN TER-AKREDITASI A -ALAMAT:JL.RAJA OESMAN NO.5 TG.BALAI KARIMUN-PROVINSI KEPULAUAN RIAU-INDONESIASMK SWASTA VIDYA SASANA KARIMUN TER-AKREDITASI A -ALAMAT:JL.RAJA OESMAN NO.5 TG.BALAI KARIMUN-PROVINSI KEPULAUAN RIAU-INDONESIASMK SWASTA VIDYA SASANA KARIMUN TER-AKREDITASI A -ALAMAT:JL.RAJA OESMAN NO.5 TG.BALAI KARIMUN-PROVINSI KEPULAUAN RIAU-INDONESIA
17Feb2024

NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

DAUD GUNAWAN,S.E

KEPALA SEKOLAH

GURU PENGGERAK ANGKATAN 9

KABUPATEN KARIMUN KEPRI

5 Nilai dan Peran Guru Penggerak :

Nilai Guru Penggerak :

1. Mandiri

Guru Penggerak diharapkan mampu mendorong dirinya sendiri untuk melakukan perubahan, untuk memulai sesuatu, untuk mengerjakan sesuatu terkait dengan perubahan apa yang diinginkan.

Seorang Guru Penggerak termotivasi untuk mengembangkan dirinya tanpa harus menunggu adanya pelatihan yang ditugaskan oleh sekolah ataupun dinas. Guru. Penggerak mendorong dirinya untuk meningkatkan kapabilitas dirinya tanpa perlu dorongan dari pihak lain.

2. Kolaboratif

Kolaboratif merupakan sikap saling ketergantungan secara positif, dibarengi tanggung jawab setiap individu, kerjasama, serta keterampilan komunikasi interpersonal. Dalam hal ini, guru diharapkan Mampu melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan kan dan menciptakan proses pembelajaran yang baik.

Selain itu, guru juga bisa memberikan feedback adalah merupakan jalan terbaik untuk mencapai tujuan dalam menumbuh kembangkan kognitif, afektif.

3. Reflektif

Reflektif berarti suatu kemampuan untuk menghubungkan pengetahuan yang diperolehnya dengan pengetahuan sebelumnya, sehingga diperoleh suatu kesimpulan untuk menyelesaikan permasalahan yang baru.

Guru Penggerak mampu senantiasa merefleksikan dan memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri serta pihak lain, dengan mengevaluasi kembali pengalaman-pengalaman tersebut.

4. Berpihak pada murid

Guru yang berpihak pada muridnya berarti dapat menempatkan diri seandainya guru menjadi murid, respek pada murid, tidak didasarkan pada rasa suka atau tidak suka murid maupun guru.

Guru bisa juga menciptakan lingkungan belajar yang asyik, aman, nyaman dan menyenangkan serta memperhatikan kepentingan murid dan mampu mengembangkan potensinya.

5. Inovatif

Seorang Guru Penggerak mampu membuat gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu. Kata kunci nilai inovatif adalah kreatif, ide baru, adaptasi, dan modifikasi.

Guru penggerakan harus memiliki sifat keterbukaan terhadap gagasan serta ide lain yang muncul dari luar dirinya untuk memecahkan masalah, mencari informasi lain yang bisa mendukung proses, dan melakukan solusi.

Peran guru penggerak :

1. Menggerak komunitas praktisi

Guru Penggerak harus memberikan dampak kepada guru-guru lain serta dampak kepada sekolahnya. Seorang guru tidak hanya bergerak di dunia kerjanya saja tapi juga harus bisa mengembangkan diri dalam komunitas pendidikan seperti KKG/MGMP.

2. Menjadi pemimpin pembelajaran

Seorang guru harus bisa menjadi pemimpin pembelajaran yang baik sesuai dengan Trilogi Kihajar Dewantara Ing ngarso Sun Tulodo, Ing madyo Mangun Karso, dan tutu wuri Handayani.

3. Mewujudkan kepemimpinan murid

Guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran ber dasarkan kekeluargaan, antara guru dengan murid terdapat hubungan yang sangat erat, memiliki kedekatan yang sangat baik dan berlandaskan kasih sayang seperti orang tua dengan anaknya.

4. Mendorong kolaborasi antar guru

Guru penggerak harus bisa membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi (keterampilan yang memungkinkan seseorang bekerja sama dengan orang lain) antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

5. Menjadi coach bagi guru lain

Guru Penggerak diharapkan mampu untuk melakukan perubahan di masing-masing institusi pendidikan mereka. Guru Penggerak memiliki program untuk melatih potensi mentorshipdan kepemimpinan mereka untuk mampu membantu guru-guru lain.

Dibaca 246x
Lainnya

Archives

Info Sekolah

SMK SWASTA VIDYA SASANA KARIMUN

NPSN 11003035
Jl. Raja Oesman No. 5 Tanjung Balai Karimun-Kepulauan Riau-Indonesia
TELEPON 0777-328551

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU T.A 2025-2026