DAUD GUNAWAN,S.E
KEPALA SEKOLAH
GURU PENGGERAK ANGKATAN 9
KABUPATEN KARIMUN KEPULAUAN RIAU
Business Center merupakan salah satu unit produksi yang dimiliki sekolah yang dapat dijadikan sebagai laboratorium kewirausahaan. Business Center digunakan sebagai tempat bagi siswa mempaktekan teori kewirausahaan yang diperoleh dalam pembelajaran di kelas.
Bisnis Center di SMK dalam mendukung pengembangan entrepreneur muda indonesia ini bertujuan untuk:
1) memperoleh informasi tentang peta Bisnis Center di SMK,
2) memperoleh gambaran mengenai sikap dan perilaku wirausaha siswa SMK,
3)memperoleh model Bisnis Center di SMK, dan
4) dari sisi makroekonomi, kajian ini ditujukan untuk memperoleh gambaran potensi kontribusi Bisnis Center dan entrepreneurship siswa SMK terhadap perekonomian.
Keberadaan SMK Bidang Studi keahlian Bisnis dan Manajemen di Tengah tengah warga sekolah, sangat diharapkan dapat menjalankan fungsi utamanya sebagai lembaga penyelenggara pendidikan kejuruan. Langkah awal untuk mewujudkan peran SMK tersebut adalah dengan menumbuhkan kegiatan pengembangan bisnis eceran (ritel) di tingkat SMK. Pemberdayaan Bisnis Center di SMK yang berorientasi pada bisnis eceran ini diharapkan mampu membangkitkan gerakan pelaku bisnis eceran skala kecil dan menengah yang pada dewasa ini keberdaannya semakin terpinggirkan dengan hadirnya bisnis eceran skala besar seperti hypermarket dan supermarket
Agar proses pembelajaran di SMK mampu melahirkan lulusan yang memiliki perilaku wirausaha, maka perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan sikap dan perilaku wirausaha, diantaranya melalui peningkatan peran siswa dalam mengembangkan Bisnis Center, koperasi, atau Unit Produksi yang ada Upaya peningkatan kualitas hasil pembelajaran melalui kegiatan Bisnis Center, bukan sesuatu hal yang baru di lingkungan SMK lingkup Bisnis dan Manajemen. Tetapi belum banyak SMK yang memberikan perhatian secara khusus untuk pengembangan lebih lanjut
Comments